Belajar Kejujuran dari Negeri Sakura

Malam senin yang dingin…. Ditengah banyaknya materi mata kuliah yang harus aku pelajari untuk esok hari, tetap kuluangkan waktu untuk menulis. Yah, sekedar untuk mengisi blog….

Oh iya, kemaren aku sempat baca artikel yang berisi alasan kenapa orang Jepang tidak suka dengan jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg atau facebook. Artikelnya bagus banget dan benar – benar menginspirasi!

Di sini aku nggak akan menceritakan lagi alasan – alasan kenapa orang Jepang tidak suka dengan facebook! Aku hanya ingin menceritakan alasan yang aku anggap menarik dan patut untuk ditiru!

Alasan paling menarik kenapa orang Jepang tidak suka dengan facebook adalah sebagian besar orang Jepang tidak mau memperlihatkan data dan kehidupan pribadinya kepada orang lain. Seperti yang kita tahu, ketika kita menjadi anggota facebook, kita diharuskan untuk mengisi biodata diri, dari mulai nama asli, tanggal lahir, tempat tinggal, aktivitas, hobi, minat, dan lain – lain. Nah menurut orang Jepang dengan memperlihatkan tanggal dan bulan lahir, dipercaya dapat digunakan untuk mengetahui karakter seseorang yang sangat berbahaya apabila digunakan untuk kepentingan tidak baik! Wow banget ya….

Dalam berinternet pun orang Jepang lebih suka menggunakan identitas lain atau bukan nama sebenarnya. Padahal facebook mewajibkan penggunanya menggunakan nama asli. Sebenarnya mau pakai nama asli atau palsu toh perusahaan facebook nggak tahu kan? Seperti yang kita lihat di Indonesia, banyak banget yang pake nama palsu dan juga 4L4Y! Yang namanya dikasih embel – embel idolanya, misal beliebers forever. Yang bikin geli ni misalnya ‘Rani hanya untuk mu’, ‘Rani sayang kamu’ dan masih banyak nama 4L4Y yang lain ( maksudnya apa coba ya? ). Hemmmm… tau deh…. Ini ni yang bikin aku salut sama orang Jepang, JUJUR! Mau ada orang yang tahu atau nggak mereka tetap menjunjung tinggi kejujuran! Sepertinya mereka memilih untuk tidak punya account facebook dari pada harus berbohong dengan menggunakan nama palsu ya? Keren dah!!Dan mungkin ini baru segelintir contoh sifat jujur orang – orang Jepang, coba kalo sudah mencakup semua aspek kehidupan, mungkin lebih wow lagi ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s