Tour d’Surakarta

Tour De Surakarta

Hai blogger 😉 How are you ? 😉 Udah lama sekali aku membiarkan blog ini diam membisu tanpa coretan – coretan isengku 😀 Nah sekarang sudah saatnya blog ini bersuara (lagi) mewakili banyak hal di dalam pikiranku yang aku tuangkan dalam bentuk coretan – coretan *lebay* 😀

Untuk coretan kali ini aku ingin menceritakan pengalamanku menjadi bolang… yayaya Bolang… Asyiiik juga ya ternyata jadi Bolang hihi 😉

Sabtu, 10 – 11 – 2012 s.d Minggu, 12 – 11 – 2012

Hemmm… perpaduan tanggal bulan dan tahun yang manis ya… Semanis pengalaman yang aku dapatkan selama menjadi Bolang… Gimana nggak tu, selama 2 hari, aku bersama 2 temanku jalan – jalan menjelajahi 5 kabupaten, yaitu, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen. Wooohhh… bisa dibayangkan betapa capeknya kami -_____-“ Tapi secapek – capeknya jadi bolang, sama sekali nggak ada perasaan menyesal, nggak mau lagi jalan – jalan atau apa lah, yang ada malah ‘katagihan’. Seruuuuuu oi 😀

Nih, beberapa tempat yang aku kunjungi di Surakarta dan sekitarnya :

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah objek wisata pertama yang kami kunungi 😀 Keraton Surakarta atau lengkapnya dalam bahasa Jawa disebut Karaton Surakarta Hadiningrat adalah istana Kasunanan Surakarta. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II  (Sunan PB II) pada tahun 1744  sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Istana terakhir Kerajaan Mataram didirikan di desa Sala (Solo), sebuah pelabuhan kecil di tepi barat Bengawan (sungai) Beton/Sala. Setelah resmi istana Kerajaan Mataram selesai dibangun, nama desa itu diubah menjadi Surakarta Hadiningrat. Istana ini pula menjadi saksi bisu penyerahan kedaulatan Kerajaan Mataram oleh Sunan PB II kepada VOC pada tahun 1749. Setelah Perjanjian Giyanti  tahun 1755 , keraton ini kemudian dijadikan istana resmi bagi Kasunanan Surakarta. Kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Solo. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa tradisional yang terbaik (Sumber : Wikipedia).

2. Candi Sukuh

Hayooo… udah pernah denger apa belum nama Candi Sukuh ? Candi Sukuh adalah salah satu candi yang terletak di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Harga tiket masuknya cuma Rp 3000,00 per orang. Murah kan ? Dengan uang Rp 3000,00 aja, kita bisa menikmati keindahan Candi Sukuh yang berbentuk seperti Trapesium loh, nggak kalah indah dengan Candi Borobudur dan Prambanan 😉 Bukan hanya itu, kita juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar Candi Sukuh. Subhanallah 🙂

Uppps, ada patung pornonya hihiihih

Keindahan alam di sekitar candi yang bisa kita nikmati 

3. Museum Manusia Purba Sangiran

Museum ini terletak di Desa Sangiran, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sangiran, Jawa Tengah.

Sesuai dengan namanya “Museum Manusia Purba Sangiran” sudah jelas dong kalo di dalamnya tentu berisi benda – benda bersejarah. Di museum ini ada 3 ruang pameran yang mepaparkan sejarah manusia purba sejak sekitar 2 juta tahun yang lalu hingga 200.000 tahun yang lalu, yaitu dari kala Pliosen akhir hingga akhir Pleistosen tengah. Di museum ini terdapat 13.086 koleksi fosil manusia purba dan merupakan situs manusia purba berdiri tegak yang terlengkap di Asia. Selain itu juga dapat ditemukan fosil hewan bertulang belakang, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut serta alat – alat batu (Sumber : wikipedia)

Di ruang Pameran 1 :

Ruang Pameran 2 :

Ruang Pameran 3 :

Unforgettable banget :’)

Yeay, masih banyak tempat – tempat indah dan bersejarah yang belum aku kunjungi. Semoga di lain kesempatan bisa mengunjunginya 😉 Bukan hanya yang ada di Indonesia, tapi juga di luar negeri, aamiin 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s