Kalimat Penuh Makna di Novel “Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah”

Akhirnya, selesai juga baca novelnya Tere Liye, “Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah”. Ceritanya keren banget! :’)

Entah ini novel keberapanya Tere Liye, yang jelas ini bukan novel pertamanya yang aku baca tapi novel pertamanya yang aku punya, haha… Dulu pertama kali tau Tere Liye gara-gara dipinjemi sama salah satu teman, novelnya yang berjudul ‘Bidadari-Bidadari Surga’. Yups, novel pertamanya yang aku baca. Bagus banget, sampe nangis deh bacanya :’) Dan sejak itu aku jadi tertarik dengan novel-novelnya yang lain.

Akhirnya aku memutuskan untuk membeli novel ini deh waktu jalan-jalan ke Gramedia “Kau, Aku, dan  Sepucuk Angpau Merah”.

Gambar

Adududu, dan masih pengin baca novel-novelnya yang lain, seperti, Ayahku Bukan Pembohong, Negeri Para Bedebah, Negeri di Ujung Tanduk, dan lain-lain. Sejauh ini baru baca 3 novelnya, yaitu, Bidadari-Bidadari Surga, Moga Bunda Disayang Allah, dan Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah. Kereeeeeeennn semua! Bahkan setauku novel Bidadari-Bidadari Surga dan Moga Bunda Disayang Allah udah diangkat ke layar lebar. Tapi aku belom pernah nonton 😦

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah…

Menceritakan kisah cinta Borno, bujang dengan hati paling lurus sepanjang tepian Kapuas dan ‘si sendu menawan’ yang bernama Mei 😀

Disini aku nggak akan meresensi novel tersebut, kalian bisa membacanya sendiri, lebih mantab! Lebih ngena! Akan lebih banyak ilmu yang kalian dapat. Dan lebih yang lain-lain. Hehehe….

Tapi disini aku ingin berbagi beberapa kalimat penuh makna yang aku ambil dari novel tersebut.

  1. Aku tidak akan merendahkan kehormatan wanita dengan memegang-megang tangannya. Itulah kalimat Borno, si pemeran utama dalam novel ini. Begitu menghargainya dia terhadap perempuan. Hemmm… berarti seorang lelaki yang menghargai seorang perempuan, dia tak akan tega merendahkan kehormatan wanita dengan memegang-megang tangannya (sebelum halal)…
  2. Sepanjang kau punya rencana, jangan pernah berkecil hati. Aku dulu tidak mengerti maksud kalimat itu. Hari ini aku sedikit paham. Nah tadi kau bertanya, kenapa aku mau-maunya jadi montir? Aku punya rencana. Tidak besar, juga tidak hebat, tapi rencana ini lebih dari cukup untuk mengusir jauh-jauh perasaan kecil hati. Aku memang tidak kuliah, dan mungkin tidak akan pernah berkesempatan kuliah, tapi enam bulan terakhir aku membaca lebih banyak buku tentang mesin dibandingkan mahasiswa tahun terakhir. Kita memang tidak punya modal, tapi itu gampang, pasti ada jalan keluarnya. Kita juga tidak punya jaringan, kenalan, tapi itu bisa dibangun perlahan-lahan. Sepanjang kita punya mimpi, punya rencana, walau kecil tapi masuk akal, tidak boleh sekalipun rasa sedih, rasa tidak berguna itu datang mengganggu pikiran.
  3. Masa muda adalah masa ketika kita bisa berlari secepat mungkin, merasakan perasaan sedalam mungkin tanpa perlu khawatir jadi masalah.
  4. Cinta itu macam musik yang indah. Bedanya, cinta sejati akan membuatmu tetap menari meskipun musiknya telah lama berhenti.
  5. Cinta sejati laksana sungai besar. Mengalir terus ke hilir tidak pernah berhenti, semakin lama semakin besar sungainya, karena semakin lama semakin banyak anak sungai perasaan yang bertemu.
  6. Cinta sejati adalah perjalanan. Cinta sejati tidak pernah memiliki ujung, tujuan apalagi hanya sekedar muara. Air di laut akan menguap, menajdi hujan, turun di gunung-gunung tinggi, kembali menjadi ribuan anak suangai, menjadi ribuan suangi perasaan. Lantas menyatu menjadi Kapuas. Itu siklus tak pernah berhenti, begitu pula cinta. Siklus sungai Kapuas ini jauh lebih abadi dibanding cinta gombal manusia. Beribu tahun tetap ada disini, meski airnya semakin keruh. Sedangkan cinta gombal kita? Jangan bilang kematian, bahkan jarak dan waktu sudah bisa memutuskannya.
  7. Cinta adalah perbuatan. Dengan demikian, ingat baik-baik, kau selalu bisa memberi tanpa sedikit pun rasa cinta. Tetapi kau tidak akan pernah bisa mencintai tanpa selalu memberi.

Novelnya keren banget, kisah percintaanya nggak ecek-ecek seperti kebanyakan novel yang sering aku baca :’) Selain itu juga nggak ngebosenin karena banyak kejadian-kejadian lucu yang diceritakan di novel tersebut, sampe ngikik sendiri bacanya hihi….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s